Selasa, 09 Januari 2024

[ 1 JUNI 2023 ] HARI LAHIR PANCASILA

 [ HARI LAHIR PANCASILA - 1 JUNI 2023 ]




Tanggal 1 Juni yang merupakan hari lahir Pancasila diawali dari rapat-rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk pada 29 April 1945. Dalam pelaksanaan sidang pertamanya yang resmi pada tanggal 29 Mei - 1 Juni para tokoh-tokoh penting menyampaikan usulan terkait dengan perumusan asa dasar negara dan para tokoh tersebut di antaranya adalah Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Hingga pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan terkait dengan 5 sila yang berisi tentang Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa. 5 sila tersebut adalah cikal bakal dari lahirnya Pancasila yang sampai saat ini tetap kita pegang teguh.
Peringatan hari lahir Pancasila bukan hanya mengingatkan kita tentang ideologi bangsa kita saja melainkan haruslah menjadikannya sebagai cerminan dari bangsa Indonesia.
.
.
.
Kami keluarga besar UKM PSM Paranada mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila - 1 Juni 2023.

#Paranadalovers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[ 25 DESEMBER 2023 ] HARI NATAL

  [ 25 DESEMBER 2023 ] HARI NATAL Natal merupakan perayaan umat kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Dalam perayaan kelahir...